Rabu, 28 Maret 2012

Menjadi Orang Tua yang Lembut dan Sabar


Saya, seorang ibu rumah tangga tetapi juga mempunyai pekerjaan sampingan sebagai freeliner. Anak saya ada dua perempuan dan laki-laki. Anak pertama saya sekolah TK-B dan adiknya sekolah play group. Saya merasa, kesulitan untuk bisa mengimbangi perilaku anak-anak saya. Mereka begitu aktif dan ingin tahu segala sesuatu disekitar rumah. Mereka lebih tertatik pada barang-barang rumah tangga daripada mainannya sendiri. Kalau saya mengajak ke toko, mereka tidak mau diam, ada saja yang barang-barang yang ingin diketahuinya. Kalau mereka digandeng, mereka tidak mau malah berlari menjauhi kita. Akhirnya saya tidak tahan mengendalikan tingkah laku anak dengan marah dan kadang-kadang saya mencubitnya. Saya tahu dalam mendidik anak tidak boleh dengan kemarahan dan kekerasan fisik, tetapi jika tidak demikian saya merasa kesulitan dalam mengendalikan perilaku mereka. Selanjutnya bagaimanakah saya bisa mengendalikan perilaku anak saya tanpa kemarahan dan kekerasan fisik (mencubit), karena saya tahu, bahwa perilaku menurut anak saya hanya sesaat, setelah itu ia akan mengulangi kembali.
Ibu Wn, Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar